Cara mempergunakan USB On The Go di Sony Xperia M2 Dual.


image

Sob,selama ini RSL jika ada liputan (hayaah..) rada ribet untuk memindahkan gambar file di DSLR dikarenakan komputer jinjing rusak 😥
Dan biasanya baru bisa memindahkan file foto dari DSLR ke HP saat adik yang kuliah di Surabaya pulang liburan,atau kalu kelamaan nunggu pulang adik terpaksa pinjam milik tetangga sebelah hehehehe 🙂

Waahh…repot wes kalau begini terus…harus ada jalan keluarnya nih biar langsung wêêttt….wêêt…cepet tanpa perlu pinjam laptop lagi.

Kebetulan HP juga pas rusak sementara beli HP yang murah dulu,sembari menunggu THR tiba RSL berfikir dan akhirnya memutuskan untuk membeli HP yang support untuk USB On The Go.

Setelah buka-buka internet akhirnya pilihan RSL jatuh pada Sony Xperia M2 Dual yang sudah support terhadap USB On The Go (USB OTG)

Yupsss…untuk menggunakan USB OTG ini kita terlebih dahulu punya yang namanya kabel USB OTG,kabel oni bisa sobat dapatkan di toko komputer dengan harga yang berfariasi,kebetulaN yang RSL gunakan ini kabel USB OTG biasa,cukup 10 ribu saja.
Berikut gambar kabel USB OTG.

image

Yang kedua…kalau bisa…sobat aplikasi file manager,seperti contohnya adalah ES File Explorer File Manager yang aplikasinya bisa sobat dapatkan di google play store (free).
image

Yang ketiga adalah kabel USB biasa dan micro SD Card,bendan ini bisa dibeli di konter atau toko komputer,harganya berfariasi…puluhan sampai ratusan ribu…..beli saja sesuai kebutuhan sob..enggak perlu yang mahal lawong kegunaanya sama 🙂

Jika semuanya sudah siap,mari sekarang kita coba praktekkan dengan memasang kabel USB dengan Card reader terus USB ke Kabel USB OTG barulah kita pasangkan kabel USB OTG ke HP.

Maka dilayar HP akan muncul gambar seperti berikut.

image

Gambar diatas menunjukkan bahwa HP dengan Card Reader sudah bisa konek.Kemudian kita buka aplikasi ES File Explorer File Manager dan pilih menu lokal.
image

Card Reader yang sebelumnya sudah RSL masukkan memory dari DSLR terdeteksi dengan nama file usbdsk.
Kemudian kita tab (sentuh) menu usbdisk tadi lalu maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.
image

Tab di menu DCIM maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

image

Tab menu 100CANON dan…muncullah semua file gambar yang ada di memory DSLR…tinggal kita pindah dengan mengcopy atau kita cut langsung ke memory external/internal HP.
Jika dirasa sudah cukup…kita lepaskan kabel USB OTG dari HP.
Tapi jangan asal main betot kabel USB OTG dengan seenaknya ya…. 🙂

image

Kita buka dulu menu seperti gambar diatas kemudian kita pilih OK.
image

Setelah muncul gambar seperti diatas

.barulah kita cabut kabel USB OTG secara berlahan dan baik dari HP.

Daa…sepertinya sudah cukup sekian dari RSL…jika kurang jelas RSL Mohon maaf….

15 thoughts on “Cara mempergunakan USB On The Go di Sony Xperia M2 Dual.

  1. ada cara lebih mudah bang…untuk memasukkan foto kamera DLSR ke Hp…dengan syarat hp mempunyai fitur kamera…caranya letakkan kamera DLSR di tempat yang tepat lalu fokuskan kamera HP ke Kamera DLSR tersebut jepret jadi dah foto kamera DLSR masuk ke HP…wkwkwkwkwk

  2. gan mau nanya,
    pnyaku xperia m2 dual (kitkat 4.4.4)
    knp setiap unmount usb otg, smua aplikasi yg instalasinya sudah dipindah ke micro sd jd ga jln (unfortunately bla bla bla… has stop).
    kondisi hp saya masih bener2 original.
    mohon bantuannya gan, kali aja tau.

    thx

    • Gan sy mau nanya experia m2dual sy ko bru 2 bulan kalo buat telfon org di hpnya g kedengeran suaranya ktnya itu knp ya gan tolong bantu

  3. kalo boleh tahu xperianya versi berapa bang, kitkat apa lollipop,punyaku lolipop kok usb otgnya gak fungsi ya,padahal saya pakai otg host check tertulis suport,ada check list hijau dua,ada solusi bang,trim.

Terimakasih komenya,maaf kalau ndak bisa bales satu persatu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s