Iklan
jump to navigation

Sebelum Beli Produk Piaggio, Perhatikan Ketiga Hal Berikut! 25/08/2016

Posted by Rudy SouL in Otomotif.
trackback

image

image

image

Sob,Salah satu produsen motor paling lama yang masih tetap bertahan saat ini adalah Piaggio. Selaku produsen motor vespa, motor-motor keluaran Piaggio pun memiliki banyak peminat dan pasar tersendiri.

Desain yang unik dan mempertahankan konsep old-vespa menjadi salah satu keunggulannya, apalagi ditambah dengan mesin yang ga jauh kalah keren dengan motor-motor jaman sekarang.
Tapi Anda, yang namanya motor pasti punya beberapa masalah. Nah, coba intip tiga hal berikut sebelum kamu beli motor Piaggio.
Masalah Busi
Seperti yang selalu dialami oleh piaggio versi lama, motor-motor keluaran Piaggio terbaru pun ternyata memiliki masalah yang sama pada busi. Artinya Anda harus sering gonta-ganti busi karena busi akan sering mati. Memang baik atau tidaknya kualitas busi tergantung dari cara pemakaian para pemiliknya, lho.
Sebelum membeli Piaggio, pahami dulu bahwa busi memiliki dua arus seperti baterai, arus positif dan arus negatif. Kedua arus inilah yang akan mengantarkan percikan api sehingga mampu membuat bensin terbakar, yang terlebih dahulu telah dikabutkan. Tentu saja pengkabutan ini dilakukan oleh karburator. Tanpa adanya busi maka motor tidak akan bisa menyala.
Jangan sampai busi ini berkerak lho Anda, busi yang berkerak akan mengakibatkan penghantaran percikan api tidak sempurna bahkan tidak berjalan. Kejadian ini memicu hal yang sering kita sebut ‘busi mati. Nah, Cara paling mudah merawat busi adalah dengan menggunakan bensin yang tepat dan cocok pada mesin dan busi Piaggio.
Tips lain yang bisa digunakan adalah merebus busi dengan air mendidih dalam waktu yang cukup lama. Merendamnya dalam air yang mendidih dan panas akan menjaga kualitas busi tersebut, lakukan juga hal yang sama pada busi baru. Oh iya Anda, silahkan lakukan perebusan sekitar 10-30 menit dengan tetap menambahkan air panas, agar suhu busi tidak turun.
Piaggio Cocok dengan Bahan Bakar Beroktan Tinggi
Bahan bakar yang tepat untuk Piaggio adalah bahan bakar dengan kandungan oktan yang tinggi. Kandungan oktan yang tinggi dapat ditemukan pada bensin seperti Pertamax dan Pertamax-plus. Anda juga bisa mencoba bahan bakar dari Shell yaitu Shell Super. Pertamax dan Shell Super merupakan jenis bahan bakar yang sangat cocok dengan piaggio. Selain itu penggunaan bahan bakar ini dapat membantu memperpanjang usia busi pada motor jenis ini.
Penggunaan bahan bakar yang tepat ini akan menghasilkan pembakaran sempurna tanpa meninggalkan jejak-jejak jelaga pada busi. Yang artinya, tidak akan ada busi mati lagi dalam jangka waktu panjang. Pemakaian bahan bakar ini juga harus konsisten Anda. Menggonta-ganti bahan bakar juga sangat tidak baik untuk kelangsungan mesin Piaggio bahkan juga untuk jenis motor lain.
Masalah ACCU
Sebagaimana kendaran lain bermasalah dengan ACCU, Piaggio pun tidak kebal terhadap masalah ini. ACCU yang berguna untuk mengalirkan listrik ke mesin ini memiliki 2 jenis. Yang pertama adalah ACCU basah dan yang kedua adalah ACCU kering.
Jika nanti memutuskan untuk membeli Piaggio, maka Anda harus memperhatikan perawatan pada ACCU berikut.
Untuk ACCU Basah
Semua jenis ACCU bertugas untuk penghantaran listrik pada motor. Pada jenis yang basah, penghantaran ini akan membuat air ACCU menguap dan dapat menyebabkan karat. Karat ini yang dapat membuat ACCU rusak dan mengharuskan penggantian. Anda tentu tidak mau melakukan penggantian ACCU berulang kali bukan? Buat Anda yang ingin melakukan perawatan ACCU sebenarnya caranya cukup mudah. Jika Anda harus bepergian dalam waktu yang cukup lama, maka lebih baik air ACCU dikosongkan. Ketika ingin kembali menggunakan kendaraan maka isi kembali ACCU basah dengan air tersebut. Perawatan ini mampu menjaga kemampuan ACCU untuk bekerja secara optimal.
Selain cara di atas, Anda dapat melakukan pengontrolan dan pengisian air ACCU dalam jangka waktu 1 kali dalam sebulan atau 1 kali dalam waktu 2 bulan.
Untuk ACCU Kering
Untuk penggunaan yang ga ribet, Anda lebih baik menggunakan ACCU kering. ACCU kering tidak memerlukan perawatan seperti merawat jenis ACCU basah. Satu hal yang perlu diketahui mengenai ACCU jenis ini adalah karena bersifat kering dan tidak memiliki cairan, maka ACCU harus dijaga agar tidak terkena air atau menjadi basah. Kepala ACCU yang basah terutama bagian positif (+) akan menyebabkan kemunduran aliran listrik sehingga listrik yang dihantarkan tidak maksimal. Satu lagi yang menjadi masalah yang kerap muncul pada ACCU kering adalah adanya hubungan arus pendek yang disebabkan terkena air. Oleh karena itu pada jenis yang kering tiap sumbu telah dilindungi oleh pelindung plastik agar selalu terlindung dari air dan basah. Jaga tetap kering ya, Anda.
Piaggio sebagai perusahaan asal Eropa selalu memberikan yang terbaik pada setiap unit motor produksi mereka. Tetapi tetap saja Anda harus selalu hati-hati dalam memberi barang baru. Yang paling penting adalah seberapa nyaman Anda mengendarainya dan seberapa sering kamu melakukan perawatan. Siap untuk beli Piaggio terbaru Anda? Cek aja di carmudi.co.id

image

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Terimakasih komenya,maaf kalau ndak bisa bales satu persatu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: