Perhatikan Riding Postur Saat Berkendara Dengan Motor Sport Agar Nyaman.


Sob, Berkendara menggunakan motor memang aktifitas yang menyenangkan bagi sebagian orang . Namun penting juga dalam berkendara menggunakan motor memahami postur tubuh yang benar untuk mendapatkan kenyamanan dan juga keamanan selama berkendara.

Posisi riding jadi satu hal penting bagi setiap pengendara. Agar berkendara tidak mudah lelah yang berpotensi menurunkan konsentrasi, perlu diperhatikan postur berkendara yang tepat. Selain itu juga kenyamanan berkendara yang menyenangkan akan semakin maksimal jika didukung oleh kendaraan yang tepat.

Bagaimana posisi yang benar saat berkendara dengan menggunakan motor Sport ? Seperti diketahui, istilah segitiga kenyamanan (ergonomis), yang terdiri dari tangan, bahu dan kaki, merupakan posisi berkendara yang mutlak, demi terciptanya kenyamanan dan keselamatan. Untuk itu, Instruktur Safety Riding PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM Honda Jatim), Hari Setiawan memberikan tips posisi berkendara yang nyaman.

Posisi duduk saat berkendara harus nyaman dan relax, saat posisi duduk sudah nyaman posisi mata bisa melihat seluas mungkin, begitu juga dengan posisi bahu itu harus relax bisa maju mundur, siku juga harus bisa menekuk karena untuk pengendalian dan meredam getaran motor.

Posisi tangan harus sesuai dengan grip dan dipastikan bisa mengoperasikan semua instrumen seperti lampu sein, lampu, dan lain-lain. Posisi pinggul disesuaikan dengan lutut dan kaku menjepit tangki, atau untuk motor bebek lurus ke depan, berkendara dengan motor sport itu posisi kaki harus di atas step yang bisa mengoperasikan gigi dan rem,

Posisi berkendara yang salah akan menimbulkan rasa lelah dan juga sakit pada bagian tertentu misanya pada bagian pergelangan tangan. Dalam berkendara, focus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting. Pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati, tetapi dengan waktu bersamaan juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara dengan sepeda motor.

“Posisi berkendara itu ditentukan oleh desain motor yang digunakan berkendara. Gaya berkendara menggunakan motor bebek berbeda dengan gaya berkendara dengan motor sport. Untuk itu berkendara dengan posisi yang benar terutama menggunakan motor Sport, bisa meminimalisasi potensi tubuh cepat lelah dan juga Cari_Aman saat berkendara.” Kata Hari

Seperti berkendara dengan menggunakan motor Sport, All New CB150R StreetFire yang baru saja di rilis bulan lalu. Generasi terbaru dari All New CB150R StreetFire ini yang menghadirkan kenyamanan berkendara harian maupun jarak jauh. Honda All New CB150R StreetFire hadir dengan tampilan yang baru. Selain tampilannya, ubahannya juga berpengaruh pada posisi berkendara. Generasi terbaru dari All New CB150R StreetFire ini sekarang sudah dibekali dengan setang lebar atau tapered handle bar. Selain itu, posisi setang juga lebih tinggi dengan penggunaan raiser

1 thought on “Perhatikan Riding Postur Saat Berkendara Dengan Motor Sport Agar Nyaman.

  1. Ping balik: Perhatikan Riding Postur Saat Berkendara Dengan Motor Sport Agar Nyaman. | Jatimotoblog

Terimakasih komenya,maaf kalau ndak bisa bales satu persatu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s