jump to navigation

Tips mencegah leher knalpot jadi merah. 21/04/2012

Posted by Rudy SouL in Otomotif.
trackback

Gambar

Leher knalpot MioSku

Sob,semua kendaraan pasti ada knalpotnya,dan kebanyakan leher knalpot menjadi merah ketika usia motor menginjak usia 1 tahun.IMHO

Leher knalpot tentunya membuat tampilan motor jadi kurang caem “mosok motor keren knalpotnya belang” xixixixi  “nglirik pikson” 😀 .

Leher knalpot merah sebenernya bisa kita cegah dari awal sob,tapi perlu sedikit kesabaran!

Caranya adalah,usahakan setiap kali mencuci motor kesayangan,jangan lupa untuk membersihkan leher knalpot terutama bagian  yang paling dekat dengan mesin,saat mengusap/membersihkan leher knalpot usahakan untuk lebih kuat jangan asal menusap saja,Karena tujuanya adalah menghilangkan kotoran yang menempel leher knalpot yang terbakar/kepansan akhirnya  menjadi kerak tipis.

Jika sobat hobby touring dan melakukan perjalanan otomatis kotoran yang menempel pada leher knalpot semakin banyak,maka dari itu usahakan untuk segera membersihkanya,apalagi saat musim hujan kotoran yang menempel dan menjadi kerak tipis semakin banyak.

Alat yang digunakan untuk membersihkan sebaiknya dari kain bekas (jangan kain plastik) atau  spon bisa,tapi menggunakan spon akan membuat spon tidak awet karena sifat spon yang mudah brodol.RS1 sendiri menggunakan kain bekas kaos dalam yang berbahan cotton.Pernah sekali RS1 menggunakan bahan yang agak kasar eehh,,malah cat pelapis ikutan terkikis.

Jadi…yang motornya masih baru bisa di coba trik RS1 ini,namun jika knalpotnya sudah terlanjut merah yaa..mau gimana lagi.

EEiittss….yang sekadar merah belum sampai nampak seperti berkarat masih bisa kok di bersihkan,Kuncinya adalah sabar atau klo males nyuci motor ya dicuci leher knalpotnya aja 😀

NB.Gambar di atas adalah leher knalpot RS1,Mio Soul tahun 2007 bulan September,Masih oke kaan..!!

Semoga bermanfaat. 

Follow twiiter RS1

Komentar»

1. Aa Ikhwan - 21/04/2012

Nice tips…ajiib 😀

Rudy Sou1 - 22/04/2012

Silahkan di coba 😮

2. rusmanjay - 21/04/2012

sip.. 😀

Rudy Sou1 - 21/04/2012

😀

3. hairus mataram - 21/04/2012

okeyyy, nggonku wis abang kang 😀

Rudy Sou1 - 21/04/2012

di kerok nggo amplas ae 😆

hairus mataram - 21/04/2012

temen a?

touringrider - 22/04/2012

amplas sing paling alus plus air.

Rudy Sou1 - 22/04/2012

kok sajake eman eman catE knalpot yo 😀

4. ipanase - 21/04/2012
5. Maskur - 21/04/2012

iki lho tunggale
maskurblog.wordpress.com/2012/04/13/cat-leher-knalpot-dengan-rj/

Rudy Sou1 - 21/04/2012

siip 😀

6. Yogi pradana - 21/04/2012

Gan da g trik brshin ruji…kcuali d pretelin…

Rudy Sou1 - 21/04/2012

Hahaha…kecuali di preteli???Gampang disimpen aja g usah dipake,malah tambah enak g usah dibersihin :mrgreen:

7. Pak_Lurah - 21/04/2012

Kunjungan Kerja

Rudy Sou1 - 22/04/2012

Monggo pak lurah 😀

8. nanared - 21/04/2012

rawat dari baru lebih siip
http://nanared.wordpress.com/2011/07/02/105/
dari pertama pake 10/10 sampe 04/12 masih kinclong 😀

9. kharis27 - 21/04/2012

kalo ga mau jd merah ,leher knalpotnya di simpen bae hehe

Rudy Sou1 - 21/04/2012

Diganti paralon ??

10. Vixifixi - 21/04/2012

tak amplas cukup 😀

Rudy Sou1 - 21/04/2012

Loohh…di amplas?

Vixifixi - 21/04/2012

io bro kuning2’e langsung rontok tok tok tok… bersih sih sih sih 😀

Rudy Sou1 - 21/04/2012

Cat lapisanya apa g ikut terkelupas?

11. White vario - 21/04/2012

Biar ga merah ato menguning biasanya leher knalpot gw poles pake oli baru(oli bekas juga bisa,tapi lebih baik oli baru) ,dan sampe sekarang leher knalpot motor gw masih item tuh!

Rudy Sou1 - 21/04/2012

Siipp tambahan infonya sob 😀

12. bayu mandala - 22/04/2012

waktu knalpot msh panas sekali, segera di oles oli bekas yg warnanya hitam.kalo bisa sih pake oli gardan mobil yg kental.selamat mencoba

Rudy Sou1 - 22/04/2012

Minyak goreng gimana ya?boleh g 😀

13. a12g4p5 - 22/04/2012

Wah berbakat buka usaha pencucian motor tuh sob..hehehe

Rudy Sou1 - 22/04/2012

Terimakasih….xixixi… 😀

14. Kojelkojel - 18/12/2015

Triknya gampang usahakan stlh becek2an segera cuci tu mtr..misal kita ngomong khusus knalpot..krn ap bgtu mesin dingin otomatis kotoran becekan/lumpur lama2 nyatu dgn pipa knlpot kl ga berkarat ya kropos berkerak. Stlh bersih bgsnya dipanasin sbntr spya tak berkarat. Tp ttp bgamana pun seiring wktu knlpot akan ttp pudar warnanya..ane lsng semprot dgn cat anti panas ace hardware seharga 80rb..awet dan knlpot kmbli sprti baru lg.


Terimakasih komenya,maaf kalau ndak bisa bales satu persatu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: