Cara pasang “kaca film mobil” di visor flat helm KBC.


image

Sob,bisa dibilang RudySouL termasuk sering usil soal helm,pengenya helm tampil keren dan kece tapi karena ekonomi menengah kebawah alhasil muncul ide dan keisengan untuk membuat helm menjadi keren dengan paket hemat.

Kali ini RudySouL akan berbagi tutorial memasang kaca film mobil pada visor flat helm KBC V Series (Zero Racing) warna biru yang sudah menemani selama setahun terakhir.

Satu alasan kenapa sangat inin memasang kaca film di visor helm LBC jadul ini yaitu ingin menutupi bagian visor yang tergores aspal karena dioakai jatuh saat latihan cornering di Sirkuit Green Park Blitar dua bulan yang lalu 😥

Sebelum memasang kaca film terlwbih dahulu ada iming-iming dari sahabat yang juga memasang kaca film di KBCnya dengan kaca film bermotif iridium dengan tingkat transparansi 20%.

Dari situlah semakin kuat niat untuk memasang kaca film dengan motif iridium 20%.Sayang sekali saat RudySouL membeli kaca film di bengkel variasi mobil clingak-clinguk mencari kaca film motif iridium enggak ketemu,jadilah ambil yang motif hitam 20%.
Harga permeter kaca film Rp 70.000 permeter,tapi jika sobat menginginkan 30cm bisa kok,sperti yang RudySouL beli 30cm (lebar) x 1.5m (panjang) dengan harga Rp 22.500 saja.Dengan lebar 30cm dan panjang 1.5 m kita bisa membagi kaca film ini lebih dari 10lembar,cukup hemat bukan…
Atau tergantung ukuran kaca film yang dipotong.
Untuk merknya kok gak ada ya….karena belinya potongan 😓

image

Karena ingin berkreasi sendiri RudySouL beranikan diri untuk memasangnya sendiri walau resiko gagal pasti ada hehehehe.
Sempat 3 kali gagal melakukan pemasangan akhirnya pemasangan yang ke4 berbuah manis,kaca film berhasil terpasang dengan rijik di visor helm KBC kesayangan.

Ada beberapa alat yang harus dipersiapkan sebelum kita pasang kaca film.

1.Cutter
2.Penggaris,kalau bisa yang dari plat jangan yang plastik.
3.yang terakhir adalah kertas HVS 2 atau 3lembar.

Fungsi dari cutter adalah digunakan untuk memotong atau membentuk kertas HVS sesui bentuk visor helm yang di inginkan,jika kertas HVS sudah ditentukan selanjutnya adalah kita potong kaca film sesuai bentuk dengan kertas HVS yang sudah dibentuk tadi.

Pola bisa dibentuk sesui keinginan sobat,bebas sak karepe sampean 🙂
Gambar dibawah adalah kertas HVS yang sudah RudySouL bentuk polanya.
image

Nahh…jika kaca film sudah dipotong selanjutnya adalah kita pasang pada visor helm.
RudySouL menggunakan tehnik klasik…seperti cara kita menempelkan stiker biasa,yaitu dengan menempetkan kaca film diatas visor jika sudah benar-benar pas selanjutnya kita buka rekatan kaca film “diklentek” satu ujung kemudi kita tempelkan kaca film yang sudah diklentek tadi dengan pelan dan di urut perlahat hingga ketumu ujung satunya dan tertempel sempurna (keseluruhan).

Sesui testimoni beberapa teman ada tehnik lain cara memasang kaca film yaitu dengan menggunakan air dan hairdryer.

Yaitu kaca film ditempel pada visor helm yang sebelumbya pada visor helm sudah dikasi air dengan tujuan kaca film bisa digeser saat pemasangan,saat pemasangan atau penempelan dibarengi dengan hairdryer.

Namun RudySouL gagal dengan cara seperti itu ngaoahaha 😎

image

Ohh iya…..sobat bisa memasang kaca film di bagian dalam visor loh,enggak harus diluar.Kalau RudySouL sih pasangnya di luar.
Next lanjut pasang di helm NHK V2 ahh…..tuh yang warna merah hihihi 🙂

Selamat mencoba ya sob… Jangan lupa baca basmalah dahuku sebelum utak-atik.

43 thoughts on “Cara pasang “kaca film mobil” di visor flat helm KBC.

  1. Ping balik: Bikin tear off dari kaca film mobil,helm jadi keren bikin pangling | Rudy SouL Blog

  2. om kalo untuk bikin tear off irridium bisa didapat di variasi mobil aja ya? terus gaperlu di’keletek’ gitu atau bahannya beda buat ditempel sama dipasang diluar?

  3. Mas mau tanya, helm saya ink cl max. Spertinya cembung kaca nya jdi saya takut tidak bisa dipasang kaca film. Apakah mungkin bsa diganti dengan skotlet hitam saja? Trima kasih

    • Kaca film kan prinsipnya seperti stiker,jadi ada bagian yang mati (dibuang) ada yang ada lemnya.
      Nahh….bagian yang mati itu tipis,lebih tebal KFnya.
      Silahkan diklentek KF dari plastik matinya.

  4. Om masbro mo nanya, beli kaca film nya bisa sedikit gitu dimana ya mas bro ? Trus setelah pasang apakah kaca helm nya berembun gak ya kalo riding sedang berhenti di lampu merah gitu ? Mohon sharingnya mas bro…makasih sebelumnya.

  5. Ping balik: Memasang Kaca Film Pada Visor Helm, Bisakah? – Kaca Film – Indium Glass Film

Terimakasih komenya,maaf kalau ndak bisa bales satu persatu :D