Iklan
jump to navigation

Puas….Corsa platinum R26 100/80-17 mantep buat corenering dan harian. 25/06/2016

Posted by Rudy SouL in Otomotif.
Tags: , ,
trackback

image

image

Sob,akhirnya RudySouL sempatkan untuk mereview ban depan merk lokal tapi kualitasnya gak kalah dengan merk terkenal.
Adalah Corsa Platinum R26 100/80-17 yang sudah terpasang di R15 kurang lebih 2 minggu yang lalu,ban ini sudah RudySouL pakai keluar kota dan cornering.
Bagaimana reviewnya…yuk kita bahas.

Untuk harian corsa platinum 100/80-17 sangat baik…lebih anteng dari ban bawaan motor,ini wajar katena ukuranya memang leboh besar 1tingkat dari ban bawaan pabrik.
Enaknya,meskipun ban ini desail alur atau motif ban adalah ban semi kering,dipakai saat hujan pun enggak ada masalah tetap stabil dan anteng.
Biasanya sobat pernah gak mengalami ban terasa geol saat melindas marka jalan?
Ban corsa platinum r26 ini anteng sob…enggak geol blas,mulus seperti paha ai anu…eehh..ssttt…puasa hehee 😆

image

Lanjut ke pemakaian saat cornering.
Sebelumnya sempat ragu saat akan mencoba turun kelintasan menggunakan corsa platinum R26 ke aspal sirkuit.Selain ukuran ban lebih besar dari standart pabrik alur banya juga sedikit kawatir daya cengkram kurang kuat,Tapi ya nekat aja.

Pertama jajal RudySouL dibikin geleng-geleng….ternya wenak poll sob.Ediaann…ban lokal bisa enak banget dipakai cornering.
Taoi sayang…pertama kali jajal disirkuit suasana kurang mendukung.
5 hari setelah itu Cornering yang kedua kondisi sedikit gerimis….tetesan air membasahi aspal sirkuit.
Bagaimana kerja ban ini?
Lagi-lagi RudySouL keheranan….jan manteb tenan buat kondisi lintasan yang sedikit basah.
Ke3 kalinya turun ke sirkuit cuaca cerah dan lintasan sangat mendukung,selama kurang lebih 1jam atau 50an lap RudySouL mengelilingi sirkuit.Tekan…dan tekan terus memaksimalkan kerja ban,beberapa kali coba untuk menambah sudut kemiringan motor saat masuk tikungan,waaooww….warbizah..amejing…..nurut baget,sampe satndart samping yang biasanya gak nyentuh aspal kali ini gasruk sob….lejen baget….wkwkakak.

Sayang…saat ini baru ban depan saja yang pakai corsa platinum,ban belakang mungkin 2bulan lagi bakal ganti juga dengan corsa platinum R93,siapa tahu bisa elbow down…jiaahh ngarepnya kejauhan 😉 hehehe.

Yawess segitu dulu reviwnya,nanti ditambah lagi kalau ada bahan ya sob.

Terimakasih sudah membaca,semoga bermanfaat.

Iklan

Komentar»

1. gilaroda2ga - 25/06/2016

Harga?

Rudy SouL - 25/06/2016

298 ribu aja,harga merakyat…murah…

gilaroda2ga - 25/06/2016

Josss….klo dibanding Zeneos gmn ya bro?

Rudy SouL - 25/06/2016

Walah..belum pernah icip zeneos aku

gilaroda2ga - 25/06/2016

Ok masbro soale penasaran dgn rentang hrg yg mirip dgn Zeneos….

2. satuaspal.com - 25/06/2016

Wah ternyata enak. Ban bawaan pabrik suka geol kena marka.

3. kudo78dk - 25/06/2016
4. Dony Slendrosa - 25/06/2016

Pokok ojo helm down lek… wakaka

Rudy SouL - 25/06/2016

Yo ojo toh..eman-eman …

5. Kobayogas - 25/06/2016

Wah dibanding yang bermerk gmn lek? Misalnya battlax BS, pirelli, Michelin?

Rudy SouL - 25/06/2016

Iyo hahaha 🙂

Kobayogas - 25/06/2016

Kok iyo doang wkwkw

6. sanjisuke - 26/06/2016

bisa congor down ga…? :mrgreen:

Rudy SouL - 26/06/2016

Ojo toh…

7. hr.fitriyadi - 26/06/2016

tapi awas kalau ban sering di parkir dibawah terik matahari secara langsung, kompon ban jadi lebih keras

Rudy SouL - 26/06/2016

Oke….sip mas bro informasinya.

8. d2jins - 26/06/2016

sepakat mas bro. ini ban sangat mantap, lengket bgt dijalan.. tp sayang untuk yg model ini paling besar cm 100/80

120-130 nya ngga ada.. hikhik.

Rudy SouL - 26/06/2016

Mungkin bisa beralih yang R93 aja kali ya.
Hehehe…

9. Ais Januadi - 25/09/2016

Mas, kalo aku ban depannya pake corsa R26 ini, sama ban belakangnya fdr xr sport, kirakira itu gigit aspal gak ya depan belakang? Mohon pencerahannya dong hehee

Rudy SouL - 25/09/2016

Secara kualitas 11-12,kalau untuk cornering kalau saya yang penting ban depanya oke,ban belakang bisa pakai ban bawaan motor

Rudy SouL - 25/09/2016

Fdr bagus kok,gigit lah….
Tapi kurang srengnya kalau kondisi 50%.
Ban ausnya enggak rata…bergelombang.

Ais Januadi - 26/09/2016

Kondisi 50% kaya gimana nih mas? Aku baru mau ganti sih di CBR K45, masih galau ban depannya pake R26 atau xr sport, ban belakangnya sih tetep xr sport xixixixi

Rudy SouL - 26/09/2016

Motif atau kembangan ban FDR kalau sudah kepakai separo biasanya kurang rata,depan biasanya lebih terlihat tidak merata (bergelombang)
Coba pakai Corsa Platinum bro.

Ais Januadi - 27/09/2016

Woke, shap mas, besok cus ganti ban depan heheh

10. TetTotTetTot - 28/10/2016

Tadinya pengen ambil ukuran 110/80-17 karena kebutuhan untuk nikung2 alias cornering dg R15 saya,, tapi nyarinya susah amir untuk ukuran itu alias pada kosong gak ada barangnya.
Kemudian jd rada galau takut miring2 setelah dg terpaksa ganti ban ukuran yg sama dg Om Rudy cuma beda merek aja Michellin Pilot Street 100/80-17 secara kalau dari ilmu ukuran ban untuk ukuran ini (100/80-17) di velg original R15 yg pny ukuran 2.15 gak cocok buat nikung2 alias cornering,, lebih pas kalau menurut teori yg ukuran 110/80-17 untuk dipadukan dengan velg 2.15 jadi rada kaget dan lega saat baca artikel ini walaupun masih meninggalkan sedikit tanda tanya karena beda merk. Tapi setidaknya jadi pengen coba buat miring2 lagi setelah baca artikel ini.
Berikut ilmu perpaduan ban dan velg yg saya maksud:

1.60 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = Bulat
1.85 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK
2.15 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = Pas
2.50 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK
1.20 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.60 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.85 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Bulat
2.15 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = OK
2.50 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Pas

Ada 4 kategori kembangan tapak ban setelah dipasang ke velg, yaitu pas, oke, bulat, kotak dan tidak cocok;

Kategori Pas, artinya sesuai antara ukuran ban dengan velg yang dipasang. Kategori Pas permukaan bannya menapak sebagian besar ke aspal dan hanya menyisakan sedikit permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal.
Kategori Pas sangat bagus untuk handling dan kstabilan karena permukaan bannya menapak semua tapi tentu saja dibalik keuntungannya pasti ada kerugiannya, yaitu akselerasi maupun top speed berkurang lantaran bidang permukaan yang bergesekan dengan aspal jadi lebih banyak, ujung-ujungnya bisa boros bensin. Untuk menikung, kategori Pas tidak begitu cocok karena permukaan bannya hampir tidak bersisa untuk menikung rebah dengan sudut yang berlebihan.
Menikung rebah dengan sudut agak diluar normal membutuhkan bidang luar permukaan ban yang cukup karena akan bergesekan dengan aspal. Tidak kebayang kan jika nikung rebah tapi tidak ada permukaan ban untuk bergesekan dengan aspal, bisa gedubrak.

Kategori Oke, ban bisa terpasang dan baik untuk nikung, mau rebah dengan sudut ekstreem maupun nikung biasa. Memiliki permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal dan bidang yang bergesekan hanya ada ditengah. Kategori ini cocok untuk mengejar akselerasi, top speed maupun untuk menikung, namun untuk handling tidak begitu bagus karena bidang yang bergesekan hanya ada ditengah sehingga bidang permukaan ban yang mencengkram aspal juga tidak sebanyak Kategori Pas.

Kategori Bulat mempunyai banyak bidang permukaan ban yang tidak. Kategori Kotak juga hampir sama seperti Bulat, tidak direkomendasikan karena permukaan ban semuanya menapak aspal bahkan kurang dan menjadikan ban menjadi bentuk kotak yang bukan nama band itu ya.

Kategori Tidak cocok, yang ini sudah jelas karena artinya ban tidak bisa masuk ke velg yang akan dipasangi.


Terimakasih komenya,maaf kalau ndak bisa bales satu persatu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: