jump to navigation

Ganti Piston dan R15,jangan tunggu sampai rusak dan menyesal pada akhirnya. 08/01/2020

Posted by Rudy SouL in Otomotif.
Tags: , ,
trackback

Sob,sejak tahun 2014 saya sudah merawat Yamaha R15 V02 warna biru,dan motor ini memang sebagai unit dayli use kekantor setiap hari,touring dan cornering di sirkuit. Semenjak ada NMax saya biasanya ke kantor membawa NMax. Jarak rumah dari kantor (Blitar – Kediri) kurang lebih 60km.

Nah 2 bulan kemarin karena speedo meter sensor speednya mati saya kurang memperhatikan dan tidak tahu kapan oli motor waktunya ganti,kebetulan motor juga adek yang bawa karena saya bawa NMax.

Setelah 3minggu bawa NMax saya kembali bawa R15. Tepatnya pada tanggal 4 Januari 2020 saat berangkat kerja motor mati mendadak dan saya mendengar suara keras muncul dari mesin “sreeeeeeekkk“. Saya yakin suara berasal dari piston. Cek sana-sini kelistrikan tidak ada masalah dan motor tidak bisa menyala.

Langsung saya ke bengkel resmi Yamaha untuk di analisa masalahnya, dan saya menjelaskan kronologi motor sebelum macet.

Setelah dibongkar ternyata benar,piston baret parah sob….ini yang namanya sakit tapi tidak berdarah.

Oh iya sob,motor sempat ngandang di bengkel selama 3 hari termasuk hari Minggu saya hitung,atau sebenarnya 2hari kerja motor sudah selesai dikerjakan dan siap digeber lagi.

Ini termasuk servis besar ya sob,karena harus bongkar mesin.ada garansi dari Diler selama 1minggu setelah unit saya terima.

Mungki sobat semua tahu penyakit bawaan dari R15 atau mesin generasi Vixion, yaitu vampir oli. Kalau menurut keterangan kepala mekanik yang saya temui semakin lama umur motor khususnya mesin genarasi Vixion maka dia akan semakin vampir oli,secara logika sih memang benar sob,karena piston dan teman-temanya ada perubahan volume meskipun sangat kecil tapi itu akan berpengaruh terhadap celah yang ada pada dinding silinder dan piston tidak sama saat mesin masih baru. Baiknya lakukan penggantian sebelum piston rusak atau paling tidak saat umur mesin berusia 3tahun.

Oh iya sob,jika menggantin piston dan silinder termasuk oli dan lainya siapkan dana sekitar sejutaan.

Semoga bermanfaat

Komentar»

1. ardiantoyugo - 08/01/2020

buseettt… totalan iki…

Rudy SouL - 09/01/2020

Ngelu mas wkwk

2. ara59 - 08/01/2020

Oli nya bagus brarti. sampai tetes terakhir masih licin. Ada oli yg udah berasa kayak berpasir padahal volume masih banyak. Sering sering rajin cek dipstick mas.


Terimakasih komenya,maaf kalau ndak bisa bales satu persatu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: