Iklan
jump to navigation

Thailand resmi menjadi tuan rumah MotoGP tahun 2018, Indonesia kapan… Jangan bola aja yang diurusin? 08/06/2017

Posted by Rudy SouL in Otomotif.
trackback

Sob, membaca di beberapa media online bahwa Thailand secara resmi menandatangani kontrak akhir pekan lalu di Italia dengan Dorna selaku penyelenggara MotoGP, secara resmi sirkuit Chang,Burriram akan menggelar MotoGP mulai tahun 2018. Dipilihnya sirkuit Chang untuk menggelar MotoGP mulai tahun 2018 sangatlah wajar mengingat sirkuit ini juga sudah menjadi salah satu sirkuit yang digunakan untuk balapan superbike mulai tahun 2015.

Sirkuit Chang Thailand di desain oleh Hermann Tilke, dengan panjang 4,554 meter 12 tikungan mampu menampung 50 ribu penonton dibangun mulai bulan Maret tahun 2013 dengan menelan biaya sebesar 740 miliar rupiah dan dibuka pada 4 Oktober 2014.

Dilihat dari mulai pembangunan hingga sampai dibukanya sirkuit ini dan untuk menggelar kejuaraan kelas dunia Superbike terlihat bahwa pemerintah Thailand memang sangat serius membidik kejuaraan dunia mulai dari Super Bike, MotoGP hingga Formula One.

Coba bandingkan di Indonesia, isu pembangunan sirkuit untuk MotoGP di Indonesia sudah beberapa kali mencuat bahkan Dorna juga sempat memberikan harapan kepada Indonesia untuk menggelar MotoGP di Indonesia tahun 2018, tapi kenyataannya sangat pahit. Kesempatan yang diberikan Dorna lenyap disikat oleh negara tetangga Thailand yang memang benar-benar niat untuk menggelar MotoGP.

Membangun sirkuit berkelas internasional di Indonesia sepertinya hanya akan menjadi mimpi saja karena pembangunan sirkuit hanya dijadikan kompor politik saja. Sangat disayangkan Pemerintah Kurang memperhatikan dan mendukung olahraga balap motor mereka  lebih condong ke olahraga sepak bola dan hasilnya begitu begitu saja, coba bandingkan dengan balap motor dimana joki-joki muda terbaik Indonesia mampu mengumandangkan lagu Indonesia Raya di internasional dan mengharumkan nama Indonesia.

Dan itu tidak terjadi hanya sekali dalam setahun, hampir disetiap kali balapan lagu Indonesia Raya berkumandang di negara orang, bendera merah putih berkibar paling tinggi diantara bendera negara lain. Apa ini masih kurang bukti jika olahraga balap motor adalah olahraga yang sering mengharumkan nama Indonesia di kelas internasional?

Harapan rudysoul adalah pemerintah serius mendukung olahraga balap motor Indonesia dengan membangun sarana prasarana balap motor, dan pastinya sirkuit kelas internasional agar Indonesia segera mampu menjadi tuan rumah MotoGP.

Iklan

Komentar»

1. fadli - 08/06/2017

mengadakan motogp diindonesia kayaknya belum cukup memadai karena diindonesia gakada sirkuit balapan bertaraf internasional


Terimakasih komenya,maaf kalau ndak bisa bales satu persatu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: